Cara Mudah Mengemudikan Mobil Matic dengan Benar, Cepat, dan Lancar

Halo apa kabar sahabat AlOtoIndo Indonesia. Selalu semangat dan jangan lupa bersyukur untuk hari ini. Semoga kebaikan selalu ada untuk kamu semuanya. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara mengemudikan mobil matic dan informasi tentang transmisi automatic. Dijamin lengkap dan terpercaya. Ok jadi mari langsung saja kita simak. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lainnya yak.

Mobil matic atau mobil yang menggunakan transmisi otomatis ini sudah menjadi bagian dari dunia otomotif. Bagaimana tidak dari dahulu mobil yang kebanyakan menggunakan transmisi manual. Akan tetapi kemudian semakin kesini kebanyakan mobil menggunakan transmisi otomatis yang dirasa lebih mudah dan tidak membuat lelah. Memang tidak semua orang menggunakan mobil matic, tetapi hampir setiap kendaraan yang mau kita beli sudah tersedia versi matic. Hampir kebanyakan masyarakat sekarang lebih banyak yang menggunakan mobil automatic.

Sebenarnya mudah apa susah sih mengemudikan mobil automatic? Saya rasa mudah deh, mengapa demikian karena kita tidak perlu sering sering menginjak pedal kopling dan memainkan stik persneling di mobil. ketika kita mengemudikan mobil matic kita hanya tinggal injak gas saja. Tentu tidak susah bukan. Eitss tapi kamu juga memperhatikan beberapa informasi yang harus kamu ketahui.

Jadi sebelum kamu mengetahui bagaimana cara mengemudikan mobil matic, ada baiknya kamu baca beberapa informasi dan poin-poin di bawah ini dahulu.

gambar sebagai ilustrasi – from:pixabay.com

           

Sistem Transmisi Matic yang ada di Indonesia awal terciptanya dimulai dari kendaraan sepeda motor. Tetapi sebelumnya sudah ada mobil yang menggunakan transmisi automatic. Mobil pertama yang mengusung transmisi automatic yaitu Olds Mobile pada tahun 1948.    Perkembangan mobil automatic di Amerika yaitu di tahun 1950 an.

Pada saat itu sebagian besar pabrikan mobil di Amerika telah memberikan varian transmisi matik. Kemudian pada tahun 1990 an pada saat teknologi berkembang sangat pesat, sistem komputer digunakan pula untuk memperhebat kinerja transmisi.

            Digunakannya transmisi ini yaitu untuk memudahkan kamu dan pengendara lainnya dengan tanpa harus menambah ataupun mengurangi gigi kendaraan kamu. Sehingga kamu hanya tinggal mengatur sendiri pelan dan cepatnya kendaraan hanya dengan gas tanpa memperhatikan gigi persneling. Adanya pengembangan dan kemajuan teknologi  dari kalangan vendor mobil menghasilkan penemuan mesin mobil matic atau transmisi otomatis.

  • Jenis-jenis Transmisi Automatic

Beberapa jenis transmisi automatic yang terdapat pada mobil.

1.Hydraulic Automatic Transmission

mobil transmisi matic konvensional – from:oto.com

Transmisi ini merupakan transmisi otomatis yang sering disebut sebagai tipe konvensional. Meski jenis transmisi ini tetap menggunakan pasangan roda gigi seperti manual. Transmisi ini memiliki fluida di antara kopling untuk memungkinkan kendaraan berhenti tanpa harus membuat mesin mati.

Jadi disaat mencapai nilai torsi mesin tertentu, pompa fluida akan bekerja memindahkan gigi, baik ke posisi lebih rendah maupun lebih tinggi. Konstruksi dari mekanikal penyalur daya ini cukup rumit sehingga transmisi otomatis biasanya memiliki bobot lebih berat daripada manual

tuas mobil matic konvensional – from:otomotif.kompas.com

Sebenarnya transmisi jenis ini hanya memiliki tujuan untuk kenyamanan mengemudi. Dari segi kedinamisan, ada beberapa hambatan perpindahan energi dari mesin ke roda. Terutama karena terjadinya selip fluida di antara kopling, serta pompa fluida yang membutuhkan energi untuk bekerja.

2.Continous Variable Transmission (CVT) 

Mobil Transmisi CVT – from:honda-indonesia.com

Transmisi ini berbeda dengan yang konvensional pasalnya CVT tidak memiliki roda gigi yang ada pada Hydraulic Automatic Transmission. Penggantinya yaitu ditempatkannya 2 buah puli (penggerak dan digerakan) yang dihubungkan dengan sebuah sabuk baja. Kemudian sebuah pompa hidrolik akan bekerja mengatur diameter kedua puli tersebut. Sehingga rasio putarannya berubah.

Karena tidak adanya perpindahan roda gigi. Adanya perubahan diameter puli ini menyebabkan mobil serasa berpindah gigi secara sangat halus. Hal ini menyebabkan transmisi CVT sering diistilahkan sebagai transmisi dengan jumlah percepatan tak terhingga. Sementara untuk keunggulan dari CVT ini terletak pada desainnya yang kompak serta kehalusan mengemudi. Selain itu juga pada saat berkendara di tol putaran mesin juga bisa dibuat relatif rendah dibanding dengan tipe konvensional.

Tuas Transmisi CVTHR-V – from:autonetmagz.com

Tetapi hal yang disayangkan dari transmisi CVT ini yaitu sering dinilai kurang lincah dalam hal akselerasi. Dari sebab itu beberapa pabrikan seperti Audi dan Honda melengkapi transmisi CVT mereka dengan mode manual yang merekayasa perubahan diameter puli. Selain itu juga karena kekuatannya hanya bergantung pada satu sabuk, CVT tidak direkomendasikan untuk mobil yang memiliki tenaga di atas 200 dk. Tapi sebagai partner berjalan santai di dalam kota, kenyamanan CVT ini sulit untuk ditandingi.

3.Automated Manual Transmission (AMT)

Mobil Transmisi AMT – from:liputan6.com

Transmisi jenis ini memiliki gearbox dengan kopling kering layaknya mobil manual. Bedanya pada mekanisme kerja kopling dikendalikan oleh sebuah pompa yang diatur secara elektronik. Hasilnya kamu bisa berkendara nyaman layaknya transmisi otomatis tetapi tanpa selip fluida berlebihan begitu melaju di sebuah posisi gigi.

from:wuling.id

Alfa Romeo 156 yang ada di atas merupakan mobil pertama dengan transmisi AMT di Indonesia.

from:id.m.wikipedia.org

Mobil ini meluncur pada tahun 2000 sedangkan yang berada di pasaran sekarang transmisi AMT ini digunakan oleh Smart for two serat Proton Savvy. Konsumsi bbm tidak terlalu terkorbankan secara berlebih. Namun kelemahannya terletak pada perpindahan gigi yang relatif lambat dan hentakan yang cukup terasa saat berpindah gigi.

4. Dual Clutch Transmission

mobil transmisi dual clutch – from:caranddriver.com

Sesuai dengan namanya, di dalam transmisi ini memiliki dua buah kopling kering yang sudah terhubung dengan posisi gigi berikutnya. Perpindahan gigi yang bisa dilakukan lebih cepat dari kemampuan tangan manusia dan tanpa selip kopling.

from:bmw.co.id

Kehebatan sistem ini membuat sejumlah pabrikan mobil sport memakinya dan bahkan memberi nama sendiri-sendiri. sebut saja VW dengan DSG (Dual Sequential Gearbox), BMW dengan SMG (Sequential Manual Gearbox), Ford dengan Powershift ataupun Porsche yang menyebutnya sebagai dengan PDK (Porsche Doppelkupplung).

Untuk di Indonesia kamu bisa menikmati transmisi dual kopling ini antara lain di VW Golf GTI dan TSI, VW Touran, BMW M3, Ford Fiesta 1.6. S dan Ford Focus TDCi. Lebihnya lagi transmisi ini sudah bisa didapat dengan harga yang terjangkau seperti di Ford Fiesta 1.6 S.

  • Kamu harus berhati-hati dalam pengoperasian tuas pada mobil matic karena perpindahan tuas tidak berlangsung secara bebas. Dari tuas itu sendiri memiliki berbagai fungsi tertentu yaitu untuk perpindahan gigi, sehingga kamu harus berhati-hati ketika mengendarai mobil ini.

Jadi diatas itu merupakan beberapa informasi dan poin untuk lebih mengenal dan memahami mobil matic. Kemudian cara mengendarainya yaitu sebagai berikut.

Cara mengendarai Mobil Matic

  1.       Langkah yang Pertama

Kamu harus memastikan bahwa tuas mobil sedang dalam posisi P (Parking) atau di simbol N (Neutral) sebelum kamu menghidupkan mesin mobil. desain transmisi matic telah diciptakan oleh produsen mesin mobil sehingga mesin mobil bisa hidup jika posisi tuas berada di P atau N.

  1.       Langkah yang Kedua

Apabila mesin mobil baru saja kamu hidupkan maka tunggu beberapa menit sampai suhu mesin dan transmisi bisa tercapai secara otomatis. Dari beberapa macam bentuk transmisi otomatis, maka percepatan dalam pemindahan yang secara otomatis belum terjadi secara sempurna karena suhu kerja belum mencapai normal.

  1.       Langkah yang Ketiga

Jika kamu akan menjalankan mobil pastikan dahulu bahwa rem sudah ditekan. Karena jika kamu menggeser tuas dari P ke R atau dari N ke D atau sebaliknya, ada rem dalam pergeseran tuas salah satunya yaitu supaya menghindari kerusakan mesin.

  1.       Langkah yang Keempat

Apabila kamu memulai dalam perjalanan dengan kondisi netral, maka kamu harus memperhatikan tuas sudah dalam posisi D untuk maju sedangkan posisi R untuk mundur. Dalam mengendarai mobil tidak hanya melewati jalan yang lurus saja tetapi juga akan melaju di jalan yang menanjak ataupun menurun. Bahkan jalanan yang licin. Maka jika menemui jalan menanjak yang membutuhkan bantuan pengereman mesin (engine brake), perlu adanya pergeseran tuas ke posisi 2. Apabila perjalan yang kamu alami menanjak dan menurun yang sangat ekstrim maka tuas harus digeser ke posisi 1.

  1.       Langkah yang Kelima

Dalam hal memilih mode untuk pengoperasian ekonomis jika tersedia. Dilihat dari kegunaan ekonomi yang umumnya hanya digunakan untuk kondisi saat berada diperjalanan kota yang sangat macet. Setiap pengemudi pasti menginginkan untuk menghemat penggunaan BBM atau ingin mengendarai kendaraan secara santai. Bisa juga kamu memilih metode ekonomis, perpindahan dalam metode percepatan akan otomatis berlangsung di awal

Dalam mode power kemungkinan terjadinya perpindahan kecepatan yang otomatis lebih lambat sehingga mobil mampu berakselerasi dengan mudah ada banyak jenis dalam transmisi otomatis dalam pemilihan mode pengoperasian akan sama seperti memilih mode pengoperasian S (Sport).

  1.       Langkah yang Keenam

Di mobil matik terdapat namanya tombol OD atau menggeser tuas ke posisi 3 yang fungsinya untuk membantu kamu dalam berakselerasi dalam menggunakan gigi 3. Jika kamu ingin melaju lebih cepat dan ingin mendahului mobil yang ada di depan kamu maka kamu harus menggunakan kecepatan diatas standar yaitu sekitar 60-80 km/jam. Kamu juga bisa menggunakannya untuk dalam posisi menanjak panjang. Jika tombol OD/OFF menyala berarti itu tandanya perpindahan dalam percepatan dibatasi hanya pada gigi 3.

  1.       Langkah yang Ketujuh

Dalam penggunaan mode pengoperasian manual maka pilihlah metode Pengoperasian M (Manual) untuk kamu yang ingin mengendarai kendaraan mobil matic secara manual. Dengan adanya fitur manual matic maka kemungkinan untuk menambah dan mengurangi tingkat percepatan bisa sesuai dengan apa yang pengemudi inginkan. Hanya dengan cara

Tinggalkan komentar